lhotse
Hutan / Pegunungan

Puncak Gunung Lhotse Puncak Tertinggi Keempat Di Dunia

Selanjutnya puncak gunung tertinggi di Himalaya  paling menantang untuk didaki adalah Lhotse yang letaknnya tidak jauh dari Everest. Dari sisi predikat sebagai puncak tertinggi, Lhotse menduduki tempat ke-4 sebagai gunung tertinggi dunia di bawah Everest, K2 dan Kanchenjunga. Namun dari tantangan teknis dan kesulitan yang dimilikinya, Lhotse lebih banyak dijagokan dibandingkan Everest yang ada di sebelahnya.

Seperti pada banyak pegunungan besar Himalaya yang lainnya, Lhotse juga memiliki banyak puncak di atasnya. Beberapa puncak yang terkenal misalnya adalah Lhotse Main Peak, Lhotse Middle dan Lhotse Tsar. Di antara ketiga puncak dengan ketinggian di atas 8.000 meter gunung Lhotse, puncak tengah atau Lhotse Middle adalah yang paling sulit untuk didaki. Puncak ini baru dapat dicapai untuk pertamakalinya pada tahun 2001 oleh ekspedisi Rusia.

Selain Lhotse Middle yang menantang untuk menjadi medan Slot777 pendakian, hal lain yang membuat Lhotse dianggap sangat menarik di Himalaya adalah dinding sisi selatannya. Sisi selatan Lhotse atau yang populer dengan sebutan Lhotse South Face hingga sekarang dianggap sebagai salah satu medan pendakian tersulit untuk gunung dengan ketinggian di atas 8.000 meter.

Lhotse (Nepal: ल्होत्से) merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

Orang yang mendaki di gunung tersebut ialah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956. Pada 25 Desember 1974, pendaki asal Polandia, Andrzej Zawada dan Andrzej Heinrich melakukan pendakian hingga 8.250 m (27.066 ft 11 in) pada musim dingin. Pada tahun 1979, berlangsung pendakian puncak utama oleh Andrzej Czok dan Jerzy Kukuczka tanpa menggunakan oksigen tambahan.

Gunung tertinggi di dunia berikutnya adalah Gunung Lhotse yang mencapai 8.516 meter di atas permukaan laut. Lhotse terletak di bagian Mahalangur Himal dari Pegunungan Himalaya, di sepanjang perbatasan antara wilayah Khumbu di Nepal dan Daerah Otonomi Tibet di Cina. Dilansir dari World Atlas, Gunung ini membentuk bagian dari pegunungan Everest dan terhubung ke Gunung Everest melalui Kol Selatan yang bertepi tajam.

Selain puncak utama, Gunung Lhotse juga memiliki beberapa puncak yang lebih kecil dari Lhotse Tengah. Pada 18 Mei 1956, pendaki gunung Swiss, Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki puncak utama Lhotse.
Gunung tertinggi di dunia yang keempat adalah Gunung Lhotse yang memiliki ketinggian hingga 8.516 meter. Gunung ini terletak di bagian Mahalangur Himal dari pegunungan Himalaya di sepanjang perbatasan Khumbu, Nepal dan Tibet, China.

Baca Juga : https://www.myherbgardenguy.com/7-fakta-menarik-tentang-gunung-makalu-gunung-tertinggi-kelima-di-dunia/

error: Content is protected !!