9 Manfaat Rumput Teki yang Jarang Diketahui, Simak Ulasannya
Tanaman Liar

9 Manfaat Rumput Teki yang Jarang Diketahui, Simak Ulasannya

Rumput teki atau rerumputan kacang (Cyperus Rotundus) pada umumnya dikenal sebagai rumput coco, rerumputan Jawa, rerumputan kacang merah serta alang kacang ungu merupakan tumbuhan tahunan yang berasal dari Afrika, Eropa Selatan dan Tengah, dan Asia Selatan.

Rerumputan merupakan anggota dari famili alang atau famili tumbuhan Cyperaceae sehingga merupakan kerabat dekat Cyperus esculentus, yaitu kacang macan atau chufa. Dikenal sebagai salah satu tanaman paling invasif di dunia, rumput teki memenuhi lebih dari lima puluh tanaman di seluruh dunia, dan ini membuatnya mendapat julukan “gulma terburuk di dunia”.

Rumput teki adalah suatu tanaman kolonial herba, abadi dan dengan gates of olympus slot akar berserat yang biasanya tumbuh setinggi 7-40 cm serta berkembang-biak secara ekstensif dengan rimpang serta umbi.

Rumput teki sebenarnya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Melansir dari kanal Healthbenefistimes, berikut 9 manfaat rumput teki yang jarang diketahui.

Baik untuk Perawatan Kulit dan Baik untuk Pencernaan

Baik untuk Perawatan Kulit

Manfaat rumput teki yang pertama adalah akan baik untuk merawat kulit. Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, tanaman rumput kacang dianggap bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi efek penuaan.

Rumput kacang membantu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pembentukan pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin. Extrapone, formula yang banyak ditemukan di krim pemutih kulit yang terbuat dari ekstrak bubuk akar rumput kacang. Ini adalah cara alami untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya atau beracun.

Manfaat rumput teki yang berikutnya adalah baik untuk pencernaan. Rimpang rumput kacang sendiri telah digunakan untuk pengobatan tradisional serta banyak digunakan negara-negara di Asia untuk pengobatan diare, disentri, parasit usus, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah perut lainnya.

Kandungan kimiawi yang ada di tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk memerangi gangguan pencernaan. Selain itu, rumput kacang terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia yang membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan yang lebih baik.

Baca Juga : Manfaat dan Efek Samping Bunga Kacapiring (Gardenia jasminoides J. Ellis)

Kontrol Epilepsi dan Miliki Manfaat Anti Diare

  • Mengontrol Kejang Serta Epilepsi

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat mengontrol kejang atau epilepsi. Diketahui bahwa pretreatment dengan ekstrak etanol rumput kacang atau rumput teki ini menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang (strychnine dan leptazol-diinduksi) pada tikus.

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan dan ekstrak ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan untuk pengobatan epilepsi.

  • Miliki Manfaat Anti Diare

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat rumput teki cukup membantu mencegah diare pada beberapa orang. Untuk penelitian, diare diinduksi pada mencit dengan pemberian minyak jarak. Peneliti menemukan bahwa saat tikus diobati dengan rumput kacang atau rumput teki ini, hal itu menyebabkan terhambatnya diare sekitar 46 persen.

Sebagai Zat Anti Inflamasi dan Redakan Nyeri

  • Anti Inflamasi

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat menjadi sarana cegah inflamasi pada kulit. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki ini miliki aktivitas anti-inflamasi yang efektif melawan karagenan (polisakarida yang tidak dapat dicerna yang diekstraksi dari ganggang merah, yang biasa digunakan dalam makanan sebagai zat pengental atau penstabil) yang diinduksi edema (retensi air).

Itu juga ditemukan efektif melawan artritis yang diuji cobakan pada tikus albino dan hasilnya menunjukkan bahwa rumput teki dapat memberikan efek sangat tinggi serta kuat.

  • Redakan Nyeri

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat redakan nyeri. Menurut penelitian, ekstrak minyak esensial dan petroleum eter dari rumput kacang memiliki sifat analgesik yang kuat dan oleh karena itu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Kelola Tekanan Darah, Turunkan Berat Badan dan Turunkan Demam

  • Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat mengelola tekanan darah Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput kacang menyebabkan penurunan tekanan darah secara perlahan dan terus-menerus. Selain itu, rumput teki telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Efektif Menurunkan Berat Badan

Manfaat rumput teki lainnya dapat efektif menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, beberapa tikus diberi ekstrak rumput kacang dosis harian selama 60 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus-tikus tersebut menunjukkan penurunan berat badan yang cukup besar tanpa adanya perubahan makanan. Jadi rumput teki cukup bermanfaat untuk mencegah penambahan berat badan.

  • Turunkan Demam

Rumput teki telah dikenal bermanfaat untuk menurunkan demam dan suhu tubuh. Dalam sebuah penelitian, ekstrak alkohol dari Cyperus rotundus ditemukan menunjukkan aktivitas antipiretik yang sangat tinggi terhadap demam atau pireksia pada tikus albino.

error: Content is protected !!