Bunga Kitolod, Tanaman Liar Banyak Manfaat untuk Tubuh
Tanaman Liar

Bunga Kitolod, Tanaman Liar Banyak Manfaat untuk Tubuh

Di lingkungan sekitar rumah, tentu akan banyak ditemui berbagai tanaman-tanaman liar yang hidup dengan subuh. Tanaman liar ini dapat tumbuh di tanah atau pekarangan, parit, bantaran sungai, lingkungan persawahan, hingga danau. Terkadang, tanaman-tanaman liar ini justru tumbuh dengan subur dan lebat dan sering kali mengganggu kebersihan lingkungan.

Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis tanaman liar yang ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satu tanaman liar yang mempunyai banyak manfaat kesehatan adalah bunga kitolod. Bunga kitolod sering kali tumbuh liar di daerah yang lembap. Tanaman ini mempunyai daun hijau cukup panjang yang memiliki bentuk gerigi di setiap sisinya. Kemudian tanaman ini juga mempunyai bunga warna putih dengan tangkai yang tumbuh memanjang.

Diketahui, terdapat beberapa manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Manfaat bunga kitolod ini dapat digunakan untuk membantu mengobati berbagai gangguan yang mata seperti dijadikan obat tetes mata. Bukan hanya itu, bunga kitolod diketahui mempunyai khasiat untuk mengobati sakit gigi, sakit tenggorokan, hingga sebagai antibiotik untuk pengobatan luka.

Meskipun keberadaannya sering mengganggu, bunga kitolod ini bisa menjadi tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Dilansir dari situs Steemit, berikut kami merangkum beberapa manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Obat Mata

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang pertama yaitu sebagai obat mata untuk mengatasi masalah iritasi. Penggunaan bunga kitolod sebagai oabt mata ini terbukti aman sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengambil kuntum bunga sampai ke pangkal tangkai bunga. Setelah itu rendam tangaki bunga pada air bersih selama beberapa menit.

Kemudian gunakan air dari ujung tangkai bunga sebagai tetes mata sebanyak 2–3 tetes. Biasanya mata akan merasakan pedih pada beberapa detik awal. Ulangi pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari untuk mengatasi masalah mata iritasi.

Mengobati Katarak

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan berikutnya adalah dapat membantu mengobati katarak. Penyakit katarak merupakan gangguan mata yang membutuhkan pembedahan medis untuk menyembuhkan atau menghilangkannya. Namun ternyata bunga kitolod juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan penyakit katarak.

Caranya cukup dengan ambil selembar daun kitolod, patahkan tulang daun, peras untuk mengeluarkan airnya. Kemudian campurkan airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Oleskan ke mata yang mengalami katarak.

Baca Juga : 9 Manfaat Daun Babadotan, Bukan Sekedar Gulma

Meredakan Sakit Gigi

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meredakan sakit gigi. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari daun bunga kitolod. Jika Anda sering mengalami sakit gigi, pengobatan herbal dengan menggunakan bung akitolod ini bisa dicoba.

Caranya ambil 2 lembar daun kitolod lalu tumbuk hingga halus, setelah itu masukkan di lubang gigi yang sakit. Cara ini dinilai efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Lakukan pengobatan ini jika Anda mengalami rasa nyeri karena sakit gigi.

Mengobati Asma dan Sakit Tenggorokan

Manfaat bunga kitolod ternyata juga bisa mengobati asam dan sakit tenggorokan. Perlu diketahui, bahwa daun kitolod sering kali digunakan untuk pengobatan asma dan bronkitis secara tradisional.

Jika Anda tertarik melakukan pengobatan ini, ambil 2–3 lembar daun kitolod lalu rebus dengan air bersih hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusan daun kitolod lalu minum hingga 2 kali sehari.

Jika dilakukan dengan rutin, pengobatan ini dapat membantu meredakan gejala. Namun Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

Kanker

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang tidak kalah menakjubkan adalah dapat membantu pengobatan kanker. Daun kitolod dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat kesehatan ini.

Namun bagi Anda yang tertarik mencoba pengobatan herbal ini, sangat mudah. Caranya rebus 3 lembar daun kitolod yang masih segar dan menempel pada batangnya (hindari daun kitolod di pangkal batang) dengan 5 gelas air bersih. Tunggu sampai mendidih dan menguap hingga hanya menyisakan 1 gelas saja

Kemudian minum air rebusan daun kitolod 1 kali sehari. Rasanya memang tidak enak untuk dikonsumsi, namun Anda perlu menghabiskan minuman tersebut dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Luka Antibiotik

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah menarik adalah sebagai antibiotik untuk pengobatan luka. Manfaat ini lagi-lagi didapatkan dari daun kitolod yang diketahui mempunyai sifat antibiotik alami untuk mengatasi luka ringan seperti lecet atau sobek. Tentu ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi luka ringan.

Untuk mendapatkan manfaat ini cukup mudah, yaitu ambil beberapa daun kitolod lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan daun kitolod yang telah dihaluskan pada bagian luka. Ramuan ini dapat membantu mencegah infeksi akibat bakteri atau kuman yang masuk pada luka tersebut. Bukan hanya itu, ramuan ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

error: Content is protected !!