Institut Pertanian Bogor
Pertanian

INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) – JURUSAN, AKREDITASI, FAKULTAS

PROFIL

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang didirikan tanggal 1 September 1963 di Bogor berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disahkan oleh Presiden RI Pertama melalui https://www.restaurantesantaclara.com/ Keputusan No. 279/1965. IPB dibentuk dari beberapa lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan, yaitu Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool, dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool. Dalam pembentukan tersebut, dua fakultas yang merupakan bagian dari UI berkembang menjadi lima fakultas, yang terdiri dari Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kehutanan.

Institut Pertanian Bogor kini telah mengalami berbagai perkembangan. Saat ini IPB memiliki 9 fakultas, Sekolah Vokasi, Sekolah Pascasarjana, serta Sekolah Bisnis, dengan lebih dari seratus program studi. Fakultas IPB terdiri dari Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, serta Fakultas Ekologi Manusia.

Pada tanggal 26 Desember 2000, Institut Petanian Bogor mendapatkan status sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) berdasarkan PP Nomor 152. IPB juga telah menerapkan sistem mayor minor yang memungkinkan mahasiswanya untuk mengambil dua atau lebih jurusan yang diminati pada tahun 2005. IPB menjadi perguruan tinggi dengan inovasi terbanyak di Indonesia berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI selama sepulah tahun berturut-turut, tetpatnya pada tahun 2008 sampai 2018. Selanjutnya, pada pertengahan tahun 2019, IPB secara resmi berubah nama menjadi IPB University.

Institut Petanian Bogor juga terus berusaha mengembangkan kualitas pendidikannya melalui kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Bentuk kerja sama yang dilakukan IPB adalah Joint Degree Program, Double Degree Program, Students Exchange, Summer Course Program, Collaborative Research, Joint Publication, Joint Seminars, Joint Supervision, Training Projects, dan lainnya. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan IPB, yaitu George Mason University, Ohio State University, Cornell University, Murdoch University, Curtin University of Technology, Maastricht School of Management, Yunnan University, The Operation of Wallacea, The University of Rome, Chiba University, serta Kobe University.

VISI, MISI, DAN TUJUAN

Institut Pertanian Bogor memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan sebagai rencana strategis pada tahun 2019-2023. Visi yang dimiliki IPB adalah “Menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan terdepan dalam inovasi untuk kemandirian bangsa menuju techno-socio enterpreneurial university yang unggul di tingkat global pada bidang pertanian, kelautan, biosains tropika.”

Misi IPB antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan melakukan penguatan research base university agar menghasilkan lulusan techno-sociopreneur yang unggul, memiliki akhlak mulia yang berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, softskills millennium, jiwa kepemimpinan, berwawasan global dan menjadi trend setter inovasi dan perubahan.
  2. Memelopori penelitian unggul dan terdepan dalam IPTEKS yang transformatif untuk terciptanya kualitas kehidupan berkelanjutan, serta inovasi untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
  3. Mendalami ilmu-ilmu terkini di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika untuk menjadi penentu kecenderungan ilmu terkini di tingkat nasional dan global.
  4. Meningkatkan layanan proaktif yang berkontribusi dan memecahkan persoalan masyarakat dan meningkatkan peran IPB dalam menentukan arah kebijakan nasional.
  5. Memperkuat sistem manajemen PT yang mampu menjadi pedoman pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi di era 4.0.

Tujuan IPB adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan techno-sociopreneur unggul yang memiliki akhlak mulia berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, softskills milenium, jiwa kepemimpinan, berwawasan global dan menjadi trend setter inovasi dan perubahan.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang transformatif untuk terciptanya kualitas kehidupan berkelanjutan, serta inovasi konkret untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
  3. Menjadikan IPB sebagai penentu kecenderungan ilmu-ilmu terkini di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika di tingkat nasional dan global.
  4. Menjadikan IPB sebagai perguruan tinggi proaktif memecahkan persoalan masyarakat dan penentu arah kebijakan nasional.
  5. Menjadikan IPB sebagai pelopor pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi.

AKREDITASI INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) : A

Institut Pertanian Bogor mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 4278/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 7 November 2022.

FASILITAS DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Institut Pertanian Bogor menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki IPB, yaitu:

  1. Student Service Center
    IPB memiliki pusat layanan informasi yang memberikan pelayanan secara offline maupun online. Fasilitas ini memberikan ruang tunggu nyaman yang dilengkapi dengan Coffee Shop Botani Nusantara untuk para mahasiswa yang melakukan layannan secara offline. Layanan online dilakukan melalui website di laman helpcenter.ipb.ac.id serta dapat dilakukan melalui aplikasi IPB Mobile berbasis ticket system.
  2. Restoran, Kafe dan Kantin
    IPB memiliki restoran, kafe, dan kantin di lingkungan kampus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Di IPB terdapat Botani Nusantara atau Kopi Nusantara, Kafe Taman Koleksi (Takol), Kafe Kopicentrum Botani, Resto KAM-IN (Kampus Inovasi), serta beberapa kantin di sekitar fakultas, yaitu Kantin Stevia, Kantin Ungu, Blue Corner, Yellow Corner, Kantin Nays, Kantin Rimbawan, Kantin Sapta, Kantin Plasma, Kantin Empat (Kanpat), Kantin Ibu Sayang, dan Kantin Makjan.
  3. Sport Center
    IPB menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya. Beberapa fasilitas olahraga yang terdapat di IPB, yaitu gymnasium, lapangan sepak bola, lintasan atletik, agrifitness, lokasi berkuda, lokasi panahan, lapangan basket, lapangan tenis, lapangan bulu tangkis, serta lapangan futsal.
  4. IPB Press
    IPB Press merupakan fasilitas percetakan IPB yang berada di Jalan Taman Kencana No. 3 Bogor. IPB Press memberikan pelayanan bagi masyarakat IPB dan masyarakat umum dalam penerbitan buku ISBN, percetakan tanpa ISBN, layout, dan desain buku. Buku yang telah dicetak dan diterbitkan oleh IPB Press dijual di toko buku IPB Press secara offline dan online melalui Whatsapp, email, atau web melalui ipbpress.com.
  5. Pusat Penelitian
    IPB mengelola berbagai fasilitas pertanian dan kelautan untuk mendukung kegiatan penelitian dan praktikum mahasiswanya. Terdapat Kebun Pasir Sarongge, Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW), Pulau Tinjil, Kolam Ikan, Kebun Sabisa farm, Kebun Agribusiness and Technology Park, Kebun Cikabayan, serta Stasiun Lapang Pelabuhan Ratu.
  6. Perpustakaan
    Perpustakaan menjadi fasilitas yang sangat berguna untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Di perpustakaan, mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia. Perpustakaan IPB dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti OPAC (On-line Public Access Catalog), akses internet, lobi perpustakaan, ruang diskusi, tempat penitipan tas/barang, fotokopi dan scanner, taman, kantin, serta parkir untuk kendaraan beroda empat. Selain perpustakaan pusat, setiap fakultas di IPB juga memiliki perpustakaannya sendiri.
  7. IPB Shop
    IPB memiliki pusat perbelanjaan yang menjual berbagai produk unggul buatan mahasiswa. Pusat perbelanjaan IPB di antaranya adalah Agrimart I dan II, Botani Mart, dan Serambi Botani.
  8. Asrama
    IPB memiliki beberapa asrama yang dapat digunakan sebagai fasilitas tempat tinggal mahasiswanya. Asrama akan sangat memudahkan mahasiswa yang berasal dari luar kota. Asrama IPB dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti keamanan 7×24 jam, ruang belajar, lobi, free wifi, kantin, lapangan olahraga, perpustakaan, ruang menonton televisi, dapur, dan musala.
  9. ATM
    IPB menyediakan ATM di beberapa area kampus untuk memudahkan kegiatan transaksi perbankan mahasiswanya. ATM yang tersedia di IPB antara lain, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BJB, BRI, BCA, BTN, OCBC, dan Muamalat.
  10. Masjid
    IPB memiliki sebuah masjid bernama Masjid Al Hurriyyah. Masjid ini menjadi salah satu masjid kampus terbesar di Indonesia yang mampu menampung hingga 5000 orang jamaah. Masjid ini terdiri dari tiga lantai ini dibangun pada tahun 1965 dan direnovasi pada tahun 1992. Pada lantai pertama masjid ini terdapat tempat wudhu, aula, toko buku, kantin, dan perpustakaan. Lantai kedua merupakan ruang utama salat laki-laki serta beberapa ruangan multifungsi. Kemudian lantai tiga diperuntukkan sebagai ruang salat bagi jamaah perempuan. Di sekitar lingkungan masjid ini juga terdapat taman, aula masjid, asrama pemuda pengurus masjid (marboth), dan tempat parkir.
  11. Penginapan
    IPB memiliki beberapa fasilitas penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kampus IPB maupun masyarakat umum. Beberapa fasilitas penginapan yang terdapat di IPB, yaitu IPB Convention Hotel, Taman Kencana Guest House, Wisma Tamu IPB Landhuis, Wisma Amarilis, serta Asrama Internasional.
  12. Transportasi Kampus
    IPB menyediakan fasilitas transportasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa saat berada di area kampus. Fasilitas transportasi yang dimiliki IPB berupa bus dan sepeda. Terdapat 8 unit bus kampus ber-AC yang beroperasi di lingkungan kampus. Bus kampus hanya dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di halte/bus stop yang telah ditentukan. Sepeda yang dimiliki IPB berjumlah lebih dari 700 unit. Peminjaman sepeda ini dapat dilakukan di 10 halte sepeda yang tersebar di berbagai titik. Untuk melakukan peminjaman sepeda, mahasiswa perlu memberikan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau kartu identitas lainnya sebagai jaminan. Peminjam dapat menggunakan sepeda selama dalam jam operasional di kawasan kampus IPB Dramaga. Pengembalian sepeda dilakukan di shelter tempat peminjaman dilakukan.

BEASISWA DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Institut Pertanian Bogor menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di IPB berasal dari lembaga pemerintah, lembaga swasta, yayasan, dan alumni IPB. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Beberapa beasiswa yang terdapat di IPB, yaitu Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Beasiswa Unggulan, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), KIP-Kuliah, Beasiswa Mindo Campus, Beasiswa XL Future Leaders, Beasiswa BNI Syariah, Beasiswa BAZNAS, Beasiswa Bank BTN, Beasiswa Djarum Foundation, Beasiswa Bakti BCA, Beasiswa Yayasan Arga Citra 23, dan Beasiswa Alumni Bapak Winarso. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di IPB dapat dilihat di sini.

Baca Juga : https://www.myherbgardenguy.com/bps-mulai-laksanakan-sensus-pertanian-2023/

error: Content is protected !!