Menanam Semangka
Pertanian

Cara Menanam Semangka

Budidaya semangka bisa jadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Menurut publikasi di dalam Jurnal Agribest Vol. 2 No. 1, Maret 2018, semangka memiliki kontribusi memproses sebesar 576.178 ton dan mempunyai urutan ke-10 dari 26 jenis komoditas buah yang tersedia di Indonesia.

Semangka merupakan tanaman tropis. Merujuk terhadap buku “Semangka Tanpa Biji” yang diterbitkan Dharma Utama Publishing, tanaman semangka berasal dari Afrika Tengah, lantas menyebar ke India dan Cina, sampai Indonesia.

Dalam pertumbuhannya, semangka perlu banyak sinar matahari dan juga udara bersuhu tinggi kira-kira 25-30 derajat celsius. Tanaman semangka sesuai untuk kawasan bersama dengan curah hujan sejumlah 40 sampai 50 mm tiap tiap bulannya.

Merujuk terhadap artikel oleh Enny Maryani S., S.P. di dalam situs Kementerian Pertanian, buah semangka sesuai untuk ditanam di daerah atau daerah bersama dengan suhu tidak cukup lebih 25 derajat celsius terhadap siang hari.

Jadi, bagi Anda yang dambakan menanam semangka, situasi tanah di wajib dipertimbangkan. Tanah untuk menanam semangka sesuai terhadap kisaran pH 6 sampai 6,7. Jika situasi tanah belum mencukupi kriteria, maka dibutuhkan proses pengapuran sampai pH tanah yang sesuai.

Cara Menanam Semangka

Menanam semangka wajib memperhatikan banyak hal. Dilansir dari publikasi Kementerian Pertanian, tersebut cara menanam semangka.

1. Membersihkan dan membajak tanah

Menanam semangka di awali bersama dengan membersihkan dan membajak tanah. Kemudian dilanjutkan bersama dengan perlindungan kapur pertanian sebanyak 1,5 ton/ha untuk pH tanah dibawah 6. Campur tanah bersama dengan pupuk kandang fermentasi sebanyak 1,5 ton/ha dan pupuk NPK perbandingan 15:15:15 sebanyak 100 kg/ha. Kemudian dijalankan pengadukan agar pupuk yang telah diberikan bercampur bersama dengan tanah.

2. Membuat bedeng

Membuat bedeng dijalankan bersama dengan cara mencangkul tanah kemudian menambah tanah tersebut agar permukaan bedeng jadi lebih tinggi. Bedeng untuk menanam semangka dibuat selebar lima meter, jarak antar bedeng adalah 60 cm dan juga tinggi bedeng adalah 40-60 cm.

Langkah selanjutnya, tanah di anggota sedang bedeng dibagi jadi dua anggota lantas diangkat ke tepi bedengan agar ke dua tepi bedeng akan membentuk tanah bersama dengan lebar satu meter.

Sehingga di dalam satu bedeng selebar lima meter terdapat dua bedeng tanam di kanan dan kiri selebar satu meter. Kedua bedeng tanam tersebut dibuat miring ke arah tengah. Pada titik tengah, pertemuan ke dua bedeng dibuat saluran air selebar 20 cm bersama dengan kedalaman 10 cm.

Baca juga:

sering dianggap gulma, tumbuhan ini ternyata punya banyak manfaat

Menembus Hutan Pinus di Payakumbuh Seru Dan Tenang

3. Menutupi bedeng bersama dengan mulsa plastik

Siapkan mulsa plastik bersama dengan membawa dampak lubang berdiameter 10 cm bersama dengan jarak yang sama bersama dengan jarak tanam. Mulsa plastik ditutup di atas bedeng. Pinggir mulsa dipasak bersama dengan bilah bambu atau kawat.

4. Persiapan pembibitan

Persiapan pembibitan untuk menanam semangka perlu daerah semai benih untuk menjaga bibit muda. Sediakan fasilitas semai bersama dengan komposisi 10 liter pupuk kandang, 20 liter tanah, dan 150 gram pupuk NPK halus. Campur fasilitas tersebut lantas masukkan ke di dalam daerah semai.

Setelah sediakan fasilitas semai, mengikuti cara untuk menyiapkan bibit semangka sebagai berikut.

  • Benih semangka direndam sepanjang 8-12 jam lantas ditiriskan.
  • Masukkan benih ke di dalam kantong plastik ukuran 1 kg.
  • Tiup dan ikat kantong plastik bersama dengan karet.
  • Benih semangka akan berkecambah sesudah tiga sampai empat hari.

Media semai disiram secukupnya. Benih terpilih yang telah keluar akan segera disemai di dalam polybag ukuran 1-1,5 cm. Kantong persemaian ditaruh berderet agar terkena sinar matahari penuh. Beri plastik transparan bersama dengan keliru satu ujung/pinggirnya terbuka.

5. Pembuatan lubang tanaman

Pembuatan lubang tanaman dijalankan satu minggu sebelum saat penanaman bersama dengan kedalaman 8-10 cm dan berjarak 20-30 cm dari tepi bedeng. Jarak antar lubang tanam semangka adalah kira-kira 90-100 cm.

6. Menanam semangka

Bibit yang telah tumbuh daun sejati sejumlah empat helai siap dipindah ke lahan. Satu lubang tanam untuk satu bibit. Menanam semangka sebaiknya dijalankan selagi pagi hari sebelum saat jam 10.00 WIB atau sore hari sesudah jam 15.00 WIB untuk menjauhkan tanaman mengalami stress tinggi akibat sengatan terik matahari.

7. Memberi pupuk untuk tanaman semangka

Pupuk untuk tanaman semangka adalah tipe NPK bersama dengan perbandingan 15:15:15 dan dosis dua sampai tiga gram per batang tanaman. Pemberian pupuk disiram sepanjang seminggu sekali.

Ketika tanaman telah memasuki fase generatif, bisa diberikan pupuk KCl bersama dengan dosis dua sampai tiga gram per batang tanaman semangka.

error: Content is protected !!