Bayam duri tanaman liar namun kaya manfaat
Tanaman Liar

Bayam Duri, Gulma yang Tumbuh Liar Namun Kaya Manfaat

Bayam duri (Amaranthus spinousus), merupakan jenis bayam yang pagcor slot kadang tumbuh liar di pematang sawah, ladang atau di jalanan. Itulah yang membedakannya dengan bayam tanam yang banyak dibudidaya sebagai sayuran.

Ciri paling menonjol lainnya tentu adalah durinya yang tajam. Bila tertusuk durinya, akan sangat menyakitkan bahkan menimbulkan pembengkakan. Hal itu karena durinya yang tajam sangat lembut sehingga mudah patah saat menancap di tubuh.

Tumbuhan dari famili Amaranthaceae ini memiliki ragam nama khas di mana-mana. Di Jawa, bayam duri ini lebih familiar dengan nama bayem cikron, bayem roda, bayem eri dan bayem raja.

Sedangkan di Lampung dinamai Sinai katinting. Di Madura dinamai ternyak duri serta sinau katinting adalah nama khasnya di Makassar. Namun, ada pula yang menamainya pera’ atau podo maduri di Bugis. Di Maluku dinamai bayam baiduri.

Amaranthus memiliki ciri lain yakni batangnya lunak dan dapat tumbuh tinggi hingga 1 meter. Duri-durinya terdapat pada batangnya, tepatnya di pangkal tangkai daun. Barangkali klasifikasi bayam duri inilah alasan mengapa dinamai bayam duri, sekaligus sebagai pembeda dengan bayam tanam yang tanpa duri-duri.

Bentuk daunnya menyerupai belahan ketupat, berwarna hijau. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning. Tanaman ini menyukai tempat-tempat yang terkena paparan cahaya sinar matahari secara maksimal.

Klasifikasi Tanaman Bayam Duri
  • Kingdom       : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi  : Spermatophyta
  • Divisi              : Magnoliophyta
  • Kelas               : Magnoliopsida
  • Sub Kelas      : Hamamelidae
  • Ordo               : Caryophyllales
  • Famili             : Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
  • Genus             : Amaranthus
  • Spesies           : Amaranthus spinosus L.
Kandungan kimia

Bayam duri sangat kaya akan zat besi dan senyawa-senyawa lainnya  yang diperlukan manusia. Kandungan kimia tersebut antara lain Protein, Mineral, Kalsium, Fosfor, Ascorbid (Vitamin C), raboplavin (Vitamin B2), Vitamin B1, B3 dan Karbohidrat.

Baca Juga: Tangkal Radikal Bebas, Ini 5 Fungsi Rumput Mutiara

Manfaatnya untuk kesehatan

Berikut 7 manfaat bayam duri untuk kesehatan dan cara meraciknya:

Kencing nanah

Amaranthus dapat mengatasi penyakit kencing nanah. Cara meraciknya adalah merebus 1 liter air sampai mendidih lalu memasukkan bahan-bahan berikut: 1 potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri dan adas pilawaras secukupnya. Setelah mendidih, airnya disaring dan diminum hangat pagi dan sore.

Kencing tidak lancar

Kencing yang tidak lancar cukup menyiksa. Namun, keluhan ini juga bisa diatasi dengan ramuan Amaranthus. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 potong akar (dengan bonggolnya). Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga menjadi 1 gelas. Minum daun bayam duri sekaligus selagi hangat.

Mengatasi demam

Demam juga bisa diatasi dengan manfaat bayam duri ini. Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam daun bayam duri. Lalu, tumbuk halus, kemudian ditambah air secukupnya. Setelah itu, tempelkan di dahi sebagai kompres untuk meredakan demam tinggi.

Mengobati bisul

Amaranthus juga dapat digunakan sebagai obat bisul. Bahan yang diperlukan adalah 1 potong bayam duri yang kemudian ditumbuk halus. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan langsung pada bisul atau bagian yang sakit.

Sebagai penambah darah

Kandungan zat besih dan vitamin C memang sangat baik untuk konsumsi bayam. Untuk hasil yang lebih optimal Anda dapat menyiapkan 2 genggam daun bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.

Daun bayam ditumbuk halus, kemudian ditambah  gelas air dan diperas. Setelah itu, masukkan telur ayam kampung dan diaduk sampai rata. Ramuan ini diminum (untuk orang dewasa 1 minggu sehari).

Cara lainnya adalah dengan menyiapkan 1 genggam bayam duri yang ditumbuk dengan 1 sendok makan madu. Daun bayam ditumbuk halus dan ambil airnya. Tambahkan madu lalu diminum. Ramuan ini cocok untuk anak-anak dan balita.

Memperbanyak ASI

Bayam dapat pula meningkatkan Air Susu Ibu (ASI) bagi ibu menyusui. Siapkan bahannya antara lain: batang bayam duri lengap dengan daun, bunga dan akarnya. Semua bahan kemudian ditumbuk sampai halus. Ramuan ini kemudian dioleskan pada seputar payudara.

Mengatasi gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan seperti bronkhitis dapat dan lainnya dapat diobati dengan ramuan bayam duri. Bahan yang diperlukan adalah batang bayam lengkap dengan daun, bunga, dan akarnya. Semua bahan ditumbuk kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring. Ramuan obat sipilis dengan bayam duri ini kemudian diminum pagi dan sore hari.

Itulah 7 manfaat Amaranthus, dan resep alaminya, semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!